Tipe Cloud Computing Yang Perlu Kamu Ketahui

Tipe-tipe cloud computing

Tipe-tipe cloud computing


dari sekian banyak tipe cloud computing, kita dapat membedakan layanan tersebut dalam tiga kategori. Setiap kategori ini mempunyai level layanan berbeda-beda dan ini akan memengaruhi keputusan dalam mengambil layanan ini.

Baca Juga : Pengertian Cloud Computing

Berikut 3 kategori atau tipe pada cloud computing :

1. Software-as-a-Service (SaaS) 

Tipe ini memberikan layanan untuk pemakaian paket perangkat lunak ( Software ) pada lingkungan cloud. Aplikasi di bayar sesuai dengan model langganan yang terdapat pada sistem cloud yang di terapkan. Sebagai contoh, aplikasi CRM pada cloud yang mana beban pembayarannya berdasarkan jumlah user. Pada kasus ini, kita sudah tidak perlu pusing dengan instalasi dan konfigurasi, melainkan kita cukup langsung menggunakannya. Hampir semua aplikasi yang berbasis SaaS mempunyai model multi-tenant yang akan melayani sama halnya seperti klien lainnya sebagai single development. dengan pendekatan ini, vendor cloud computing dapat menjaga data secara baik untuk menyewa tersebut(tenant).

Pada layanan SaaS umumnya kita tidak di izinkan untuk kostumisasi sitem vendor kita karena hal ini akan mengganggu sistem mereka pada penyewa lainnya. Kita hanya di perbolehkan untuk mangatur dan kostumisasi pada wilayah aplikasi kita.

2.Platform-as-a-Service (PaaS)

Layanan ini memberikan pilihan platform yang di gunankan untuk host aplikasi dan data kita. Sebagai contoh, kita melakukan hosting aplikasi bisnis ke dalam lingkungan cloud dan membuatnya sebagai cloud service untuk komputasi, database dan keamanan.

PaaS ini berbeda dengan layanan hosting pada aplikasi karena pada PaaS biasanya menyediakan layanan dalam bentuk virtualisasi yang scalable dan di atur penggunannya untuk kita.

3. Infrastucture-as-a-Service (IaaS)

Layanan ini menyediakan akses ke dalam hardware, seperti halnya server atau peralatan penyimpanan dan dapat di kontrol pada low level. Sebagai contoh, menyediakan VM image yang berisi aplikasi bisnis dan di hosting pada server cloud. IaaS sebenarnya tidak berbeda pada hosting tradisional. Bedanya kita di mudahkan untuk proses intansce, yaitu menambah dan menghapus. Hal ini di tunjang oleh kemampuan teknologi virtualisasi.

Kategori SaaS dan PaaS merupakan pilihan yang banyak memanfaatkan keuntungan yang banyak dari cloud computing, sedangkan IaaS hanya memperoleh keuntungan dari layanan automated management.

Layanan cloud apa yang paling cocok buat kita ? jika kita mempunyai rencana untuk menggunakan paket software dari vendor tertentu yang menerapkan online subscription maka kita dapat memilih opsi SaaS. Untuk aplikasi sendiri yang ingin di jalankan pada lingkungan cloud maka kita memilih layanan PaaS dan IaaS.


Perbedaan IaaS dan PaaS

Layanan IaaS lebih menarik karena kita tidak memerlukan aplikasi kita yang siap cloud dan ini mirip seperti aplikasi kamu yang sudah di jalankan pada hosting tradisional layanan PaaS sangat banyak menguntungkan karena kita menerima lingkungan platform yang memang memungkinkan untuk scalability dan protected melalui makanisme redundancy dan failover. Selain itu, layanan PaaS memberikan kita hak untuk mengakses semua platform cloud termasuk fitur baru yang di sediakan oleh vendor tersebut.

PaaS
IaaS
Aplikasi harus sesuai dengan target patform cloud
Aplikasi tradisional kemungkinan bisa langsung di gunakan pada lingkungan cloud tanpa modifikasi
Lingkungan software , lisensi dan pemeliharaanya di sediakan sendiri
Lingkungan software , lisensi dan pemeliharaanya di sediakan sendiri
Memperoleh keuntungan elastisitas dalam hal penambahan dan pengurangan instance
Kita mungkin dapat menjalankan atau mungkin tidak pada konfigurasi multi instance
Dapat menerapkan layanan data cloud dengan proteksi redundancy dan reliability
Paradigma enterprise data kemungkinan menerapkan single of failure pada lingkungan cloud
Konsisten data dapat di pakai melalui layanan ini
Konsisten data merupakan tanggung jawab kita sendiri
Layanan ini kadang menyediakan kemampuan baru yang tak di jumpai pada lingkungan enterprise
Adanya keterbatasan layanan antara enterprise dan ligkungan cloud

Untuk mempermudah ilustrasi perbedaan layanan PaaS dan IaaS,
misalkan kasusnya kita mempunyai website sederhana dan database server sebagai backend nya. Selanjutnya sistem ini akan di pindahkan ke layanan cloud secara keseluruhan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Cloud Computing Yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment